Tuesday, April 16, 2013

Surat Cinta Buat Bu Min :)

Apa kabar, kamu? Apakah kamu kelelahan ketika melewati rentetan peristiwa yang terjadi beberapa minggu ini? Aku bisa menebak rasa lelahmu, karena kantung matamu terlihat jelas dan raut wajahmu yang tersenyum berusaha menyembunyikan lelahmu. Minggu-minggu ini memang sangat melelahkan, kamu berjuang mati-matian untuk memberikan materi dan semangat buat adik adik yang akan mengikuti Ujian Nasional tahun ini. Tapi, aku tahu kamu adalah wanita yang kuat dan hebat, kamu sosok guru biologi yang merenggut perhatianku tanpa sisa.

Ujian Nasional tahun 2012 sudah selesai, euforia para siswa di salah satu sekolah di Kudus masih terdengar riuh dan mengamit resah. Mereka bertanya-tanya, begitu juga aku yang terus bertanya. Bagaimana perasaanmu saat ini? Mungkinkah, kamu sedang mondar-mandir mengelilingi sekolah sambil membawa buku? Apakah tanganmu terasa dingin ketika anak didikmu sedang melaksanakan Ujian Nasional ? Kalau aku di situ, aku akan mengenggam tanganmu erat-erat, rapat-rapat, tanpa ucap.

Apakah kamu mengingatku? Berkali-kali kita bertemu di ruang kelas saat mata pelajaran biologi yang kamu pegang. Aku melihatmu, aku merasakan perasaan aneh yang bergelayut di otakku, entahlah mungkin aku mulai mengagumimu,  atau bahkan menggilai gerak-gerikmu. Aku seringkali menjerit dalam hati, ketika mengingat kejadian di depan kelas. Kamu yang menyuruhku maju mengerjakan soal dan kamu meminta spidol dariku. sosokmu yang berkharisma membuat aku salah tingkah dan ketika kamu meminta spidol malah aku bersalaman denganmu. Sontak kejadian itu membuat seluruh siswa yang ada di kelas tertawa dan kamu pun tersenyum penuh wibawa di depan kelas.

Sungguh, aku memikirkanmu. Dan berharap bisa menyalami tanganmu kembali seperti orang-orang beruntung yang bisa menyentuh jemarimu. Aku ingin melihat wajahmu seperti orang-orang bernasib baik yang bisa menatap dalam-dalam wajahmu. Aku ingin banyak hal, tentangmu, tapi tak mungkin.

Kali ini, aku tak peduli, kaumau menganggapku pria bodoh dengan banyak obsesi atau siswa setengah gila yang mengharapkan banyak hal. Aku hanya mengagumimu, bukan ingin merusak hari-harimu. Kamu orang besar, tenar, banyak orang yang menggantungkan nasib dan harapannya pada padamu. Aku hanya sebagian kecil dari mereka yang membutuhkan kamu dalam barisan hari-hariku.

Aku ingin melihatmu tersenyum mendengar berita kelulusuan yang seratus persen di sekolah kita, bahagia melihat anak didik yang dapat mengejar cita cita sampai ke negeri antah berantah dan bersinggungan dengan tatapan matamu yang lembut, dan merasakan euforia saat pengunguman Hasil Ujian Nasional.

Sudahlah, kamu orang hebat  dan guru biologi yang paling pintar. Jalani tugasmu dan aku akan diam-diam mendoakanmu.

Kalau boleh sedikit lancang, aku mau minta fotomu yang pakai seragam guru dan berkerudung  itu. Mau kusimpan di kamar, untuk mengalihkan perasaan rinduku. Boleh ya, Bu?  .Terima kasih telah mendidik para siswa tahun ajaran 2012 sehingga bisa lulus Ujian Nasional dan Melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dari pengagummu  :)

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Afriza Akbar